MENEKAN STRES MENGHADAPI SEKOLAH

Kamis, 20 Agustus 2009

1. Well Organize
Ini cara klasik! Tapi dari dulu udah terbukti banyak membantu. Membiasakan diri mengorganize segala hal konon bisa mengurangi “serangan” panik sampe 75 persen lho!
Caranya? Susun skedul kegiatan harian, bikin planning pelajaran atau tugas apa aja yang harus digarap duluan tiap harinya. Dengan begitu, kita jadi punya skala prioritas dan punya target kapan yang ini harus selesai.
Kalo udah, tinggal dilaksanakan dengan strict. Jangan ditunda-tunda lagi pelaksanaannya. Ntar “kebobolan” juga.
2. Bahasa Temen
Ngga jarang kita stres bukan cuma karena tugas, ulangan, dan ujian. Tapi juga karena cara guru kita ngajar yang bikin kita sama sekali kagak ngerti! Biar udah bolak balik baca buku dan catatan, tetep aja hasilnya nol besar.
Well, sebagian temen berusaha menyiasatinya dengan ikut les di luar sekolah. Ada yang sukses (jadi ngerti karena diajarin di tempat les), tapi ada juga yang malah tambah bingung, lantaran di tempat les metode mempelajari pelajaran yang ngga dimengerti itu beda dengan metode yang diterapkan guru di sekolah.
So, jalan tengah yang paling bener adalah nyoba belajar bareng temen. Istilahnya, belajar kelompok gitu. Cari temen yang pinter, lalu minta dia men-share pada kita.
Kenapa belajar kelompok?
Soalnya, bahasa yang dipake guru kepada murid ketika ngajar kadang berbeda dengan bahasa yang dipake antar temen. Jadi, murid susah nangkep maksud si guru. Kalo dari temen ke temen, karena bahasa yang dipake sama, ketika si temen nerangin sesuatu maka temen yang diterangin lebih gampang nangkep.
3. Work Hard, Play Hard
Berasa ngga kalo lama-lama waktu main kita makin dikit? Karena jam sekolah makin panjang hingga kita keburu kecapean nelen materi-materi pelajaran, atau karena banyak les. Eeh, sekalinya ada waktu main, pas lagi kongkow kadang masih aja suka ngobrolin atau kepikiran pelajaran dan tugas-tugas sekolah!
Mulai sekarang jangan gitu lagi. Usahakan menyeimbangkan waktu main dengan waktu belajar. Belajar mulu pikiran bisa suntuk. Akibatnya, ya ngeblank itu tadi!
Tapi, kata guru-guru dan ortu, main itu ngga bagus?
Mainnya sama siapa dulu? Kalo sama temen-temen yang baik, artinya bukan main sama anak-anak berandalan, ya ngga apa apa. Terus, mainnya apa? Kalo melakukan aktivitas yang menghibur dan bisa menyalurkan segala emosi yang terpendam, seperti main ke tempat rekreasi. Main itu pada hakikatnya sama dengan rekreasi. Nah, rekreasi kalo dipenggal jadi re-kreasi. Artinya, bisa membuat kreasi atau kreativitas kita terisi kembali.
4. Komunikasi!
Sebagai murid, kita punya hak untuk berkomunikasi dengan para guru. Minta dijelaskan tentang sesuatu yang menyangkut proses belajar-mengajar di sekolah, juga mengajak guru berdiskusi mencari jalan keluar seputar unek-unek yang kita alami. Jadi, kenapa ngga dipake hak itu?
Kalo komunikasi antara kamu dengan guru udah berjalan dua arah, semua pihak bisa saling membantu mengurangi stressor di sekolah. Sebab, masing-masing pihak kan jadi tau situasi dan kondisi yang sebenarnya dialami oleh masing-masing. Selama ini karena komunikasinya hanya satu arah, mungkin masing-masing pihak ngga tau tentang hal-hal yang bikin pihak lain stress.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
Powered By Blogger